News Update :
Home » , , » 2018 Kuliah Dimana?, Tips memilih Perguruan Tinggi BERKUALITAS di Kalimantan Tengah

2018 Kuliah Dimana?, Tips memilih Perguruan Tinggi BERKUALITAS di Kalimantan Tengah

Penulis : citra priski on Monday, November 20, 2017 | 3:31 PM

Melanjutkan study ke jenjang perguruan tinggi menjadi pilihan oleh banyak siswa di Indonesia terkhususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, terlebih lagi dunia kerja di Kalimantan tengah hampir seluruhnya mensyaratkan lulusan sarjana.
Saat ini ada banyak sekali perguruan tinggi di Kalimantan tengah dan hal tersebut terkadang membuat kalian para alumni SMA, SMK dan MA bingung untuk memilih Perguruan tinggi yang tepat.

Ada beberapa tips untuk memilih Perguruan Tinggi Di Kalimantan Tengah agar kelak anda tidak menyesal;
1. Mencari tahu Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi
Untuk mencari tahu peringkat akreditasi anda bisa langsung mencarinya melalui www.google.com atau melalui website resmi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi , contoh dengan kata kunci "Palangkaraya", maka akan muncul data seperti dibawah ini

Akreditasi hal yang sangat penting diketahui, semakin tinggi akreditasi suatu PTN tentu citra dan lulusannya juga memiliki kualitas. Layaknya sebuah barang, semakin bagus brand barang tersebut tentu juga memberikan kualitas yang bagus juga.
Dalam dunia pekerjaan, Lembaga dan perusahaan baik milik negara atau milik swasta yang akan merekrut para karyawan selalu mensyaratkan bahwa Pelamar tersebut berasal dari Institusi yang memiliki akreditasi baik. Biasanya mereka akan membuat patokan akreditasi B, atau bahkan harus Akreditasi A bagi calon karyawan pada lembaga atau perusahaan tertentu.
Perlu kamu ketahui, akreditasi dibedakan menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (Kurang) dan belum terakreditasi.
2.Mengetahui Akreditasi Program Studi yang akan kamu pilih
Selain akreditasi institusi atau perguruan tinggri, akreditasi program studi tidak kalah penting, bisa jadi PTN tersebut memiliki akreditasi B, namun program studi yang diminati di PTN itu akreditasinya C.
So, pastikan akreditasi program studinya juga baik karna sangat mempengaruhi dalam mencari pekerjaan pada lembaga atau perusahaan milik pemerintah atau swasta. Akreditasi juga dapat di lihat di website BAN-PT. https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi
Contoh akreditasi Tadris Bahasa Inggris IAIN Palangka Raya
3.Peringkat PTN di Kalimantan Tengah
Peringkat adalah hal yang terkadang sering diabaikan banyak pelamar, karena dirasa kurang begitu penting. Semakin tinggi peringkat Perguruan tinggi tersebut, tentu kualitas juga semakin bagus.
Baca: Dari Empat PT, IAIN Palangkaraya Raih Akreditasi Tertinggi
4.Usia PTN dan Alumninya
Mungkin bagi sebagian orang usia dan alumni suatu PTN tidaklah penting menjadi tolak ukur. Namun jangan dipandang sebelah mata, logikanya semakin tua PTN dapat disimpulkan bahwa PTN tersebut memiliki citra yang baik di mata masyarakat.
Dan yang pasti, sudah banyak lulusan atau alumni dari PTN tersebut yang telah berkecimpung di lembaga atau perusahaaan milik pemerintah atau swasta.
Baca: 6 Alumni Jadi Calon Hakim, Rektor IAIN Langsung Posting Video Ini
5.Beasiswa yang ada di PTN Tersebut
Biasiawa Pendidikan suatu hal yang sangat penting hal harus anda ketahui, Anda harus mencari tahu beasiswa apa saja yang ada pada PTN tersebut contoh Beasiswa Bidikmisi di IAIN Palangka Raya dan Beasiswa Kalteng Berkah.
Baca: Bukan Keterbatasan yang membatasi, Semua bisa berprestasi dengan Bidikmisi
6.Besaran Biaya Kuliah
Jika anda tidak mendapatkan kesempatan Beasiswa maka anda perlu memperhatikan besaran Biaya Perkuliahan dan cobalah membandingkan biaya SPP dan lain-lainnya dengan PTN Lain.
7.Lokasi Perguruan Tinggi
Pertimbangan lokasi universitas yang ingin anda masuki. Kota tempat Anda berkuliah nanti akan menjadi tempat tinggal Anda selam paling tidak tiga tahun setengah. Pilih yang anda senangi, baik itu kota besar, atau kota kecil di daerah pinggiran, atau dekat dari kampung halaman anda.
8.Cari tahu fasilitas dan sumber daya yang dimiliki universitas tersebut.
Anda perlu menentukan fsilitas apa saja yang Anda perlukan dan harus dimiliki universitas tersebut. Contoh fasilitas wifi gratis, lab. Komputer, Perpustakaan atau bahkan kantin Kampus.
Lihat Video: Tampilan Kampus IAIN Palangka Raya 2017 - Buat SEMANGAT Belajar

9.Jangan tertipu dengan Iklan di Perguruan Tinggi
Jangan pernah tertipu dengan beberapa iklan di PTN dan PTS silahkan lakukan 8 tips diatas sebelum anda memilih Perguruan tinggi dan Program studi.

Semoga 9 tips ini memudahkan anda untuk memilih Perguran tinggi dan Progam studi berkualitas di Kalimantan Tengah.

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

September 29, 2018 at 3:25 AM

Informasi tentang 2018 College sangat menarik.
duck life

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger